Kajian Penyempurnaan Modul CIO dan Budaya Dokumentasi

Perlu kita ketahui bersama salah satu tugas penting Kementerian Komunikasi dan Informatika saat ini adalah mengawal pelaksanaan Instruksi Presiden No. 3 Tahun 2003 tentang Strategi dan Kebijakan Nasional Pengembangan e-Government di Indonesia, UU No. 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE), serta UU No. 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik (KIP), Puslitbang Literasi dan Profesi SDM Kominfo sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya menyelenggarakan Focus Group Discussion (FGD) "Kajian Penyempurnaan Modul CIO dan Budaya Dokumentasi", dengan tujuan mengevaluasi modul bimbingan teknis (Bimtek) CIO dan Budaya Dokumentasi tahun 2011. Kegiatan ini dilaksanakan di Hotel Saphir Yogyakarta pada tanggal 1 s/d 3 Februari 2012.

Dalam Laporan Ketua Panitia yang disampaikan oleh Kepala Puslitbang Literasi dan Profesi SDM Kominfo, Prof. Dr. Gati Gayatri, MA, kegiatan ini bertujuan bertujuan mengevaluasi materi Modul Bimbingan Teknis (Bimtek) CIO dan Budaya Dokumentasi yang telah diimplementasikan sejak tahun 2011. Hasil penyempurnaan modul akan digunakan dalam penyelenggaraan bimtek tahun 2012. Akan dibahas juga isu tentang kelembagaan CIO yang sudah dipertanyakan berbagai pihak dan diharapkan tahun ini kelembagaan CIO dapat terbentuk. Kepada para narasumber diminta untuk memberikan masukan dalam penyempurnaan modul CIO dan Budaya Dokumentasi ini.

Kepala Badan Litbang SDM, Bapak Aizirman Djusan dalam sambutannya mengatakan hasil evaluasi pelaksanaan Bimtek tahun 2011 menunjukkan bahwa upaya penyempurnaan modul sangat diperlukan agar sesuai dengan perkembangan kebutuhan SDM, tidak hanya menekankan dalam jumlah kepesertaan namun yang lebih penting kualitas yang dihasilkan dari bimtek ini. Proses seleksi peserta harus tepat sasaran yaitu Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID), calon PPID dan Jabatan Fungsional Pranata Humas, Arsiparis dan Pranata Komputer. Diharapkan kegiatan ini dilakukan dengan serius, para narasumber yang hadir harus memberikan banyak masukan dalam penyempurnaan modul ini serta dibuatkan database alumni bimtek CIO dan Budok yang telah dilaksanakan tahun 2011.

Kegiatan FGD sendiri akan diawali dengan sidang pleno pembukaan yang akan membahas Pendahuluan dan Evaluasi Modul CIO disampaikan oleh Dr. Udi Rusadi, MS dan Modul Budaya Dokumentasi oleh Indriyatno Banyumurti dan dilakukan Review Standar Kompetensi CIO dan Kelembagaan Sertifikasi. Selanjutnya dilakukan diskusi penyempurnaan modul CIO dan Budaya Dokumentasi oleh para narasumber. Hasil dari kegiatan ini berupa Laporan Hasil Penyempurnaan Modul CIO dan Budaya Dokumentasi yang akan menjadi acuan dalam penyempurnaan modul yang sudah ada. (Litprof)
 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best Buy Coupons