Pagelaran Tari Tradisional dan Lomba Kuliner khas Port Numbay


Pagelaran tari tradisional Port Numbay, dan lomba masak khas Port Numbay kemarin dibuka secara resmi oleh Walikota Jayapura Drs. M. R. Kambu, M.Si bertempat di Papua Trade Center (PTC) Entrop Jayapura. Pagelaran tari tradisional Port Numbay yang di gelar dengan menampilkan 11 peserta dari masing-masing kampung yang ada di Kota Jayapura serta lomba kuliner khas portnumbay dilaksnakan dalam rangka memperingati HUT Kota Jayapura ke-99 dan Peringatan masuknya Injil di Kota Jayapura serta Peringatan HUT YPK di Tanah Papua. Dalam sambutannya Walikota Jayapura mengatakan Kegiatan tersebut di laksanakan dalam rangka memperingati HUT Kota Jayapura yang ke-99 tanggal 7 Maret 2009. Selain itu ada beberapa moment penting di Kota Jayapura yang akan di peringati yaitu, Peringatan Injil masuk di Kota Jayapura dan HUT YPK (Yayasan Pendidikan Kristen).

Menurut Walikota Jayapura bahwa beberapa peringatan tersebut memiliki nilai sejarah dan merupakan dan peringatan akan moment dimana titik awal berdirinya Kota Jayapura dan juga dimulainya peradaban baru di Kota Jayapura atau Port Numbay. Bahwa sejak masuknya Injil di kota Jayapura banyak kemajuan dan perubahan terjadi di Kota Numbay. Semua ini terwujud karena kuasa Injil sebagai kekuatan Allah serta adanya saling pengertian dan saling menghargai diantara warga kota dan masyarakat asli Port Numbay. M.R. Kambu mengatakan “Kita harus menjaga persatuan dan kesatuan antara satu dengan yang lain sesuai kata pepatah kuno yang mengatakan “dimana bumi dipijak disitu langit di junjung. Bahwa pembangunan yang kita laksanakan telah membawa perubahan dan kemajuan yang di Kota Jayapura namun kita juga harus menjaga budaya dan adat setempat. Kegiatan yang dilaksanakan sehari ini dihadiri oleh Muspida Kota Jayapura dan pimpinan SKPD dilingkungan Kota Jayapura serta warga kota Jayapura yang menyaksikan berlangsungnya acara pagelaran tersebut. Walikota berharap agar budaya Port Numbay sebagai bagian dari kekayaan budaya nasional dapat di hidupkan kembali melalui lomba-lomba serta pagelaran atau festival budaya sehingga melalui kegiatan tersebut kita dapat menggali kemampuan dan karya-karya seni budaya daerah yang sangat potensial sebagai bagian dari obyek wisata di Kota Jayapura.

Dirgahayu Kota Jayapura ke-99

Semoga di usia ke-99 menuju satu abad kota Jayapura semakin maju, semakin sukses, semakin makmur, semakin bersih , rapih, indah dan nyaman.


0 komentar:

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best Buy Coupons